Thursday, August 22, 2019

Lomba Writing-Contest Bisnis.com 2019 Juara 1 Berhadiah Mobil, Juara 2 Rp. 20 Juta, Juara 3 Rp. 15 Juta



Media online ternama Bisnis.com yang merupakan bagian dari Bisnis Indonesia Group of Media (BIG Media) menyelenggarakan writing contest atau kompetisi menulis artikel populer (bukan laporan akademis, skripsi, tesis, makalah, jurnal, dan sejenisnya).


Sub Menu   [Tutup/Buka]

Tahapan Mekanisme Lomba


Latar Belakang

Apakah Anda yang memiliki harapan untuk Indonesia maju lima tahun kedepan? Punya ide tentang hal-hal idealis atau gagasan yang terbaik? dan perlu dilakukan oleh pemerintah untuk membuat Indonesia maju? Pengin idemu populer karena dibaca, di-share dan dikomentari sebanyak mungkin oleh orang-orang? Ingin ide cemerlang Anda dijalankan oleh pemerintah?

Bisnis.com bersama Bank BRI memberikan kesempatan kepada Anda yang punya ide dan ingin berkontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia melalui writing contest artikel. Ayo, tuliskan ide inspiratif Anda dengan tema “Ekspresikan Idemu untuk Indonesia Maju”. Tulis ide Anda dengan gaya santuy, nge-pop, bercerita senatural mungkin, supaya mudah dipahami oleh pembaca tanpa kehilangan esensi dari ide brilian Anda. Terdapat beberapa pilihan tema yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan menulis Anda. Peserta lomba terbuka untuk seluruh masyarakat umum, termasuk pelajar/mahasiswa, pengamat, blogger, vlogger maupun jurnalis.

Tema

“Ekspresikan Idemu Untuk Indonesia Maju”

Sub Tema

1. Harapan Baru kepada pemerintah Presiden Jokowi - KH. Ma'ruf Amin

Tulis ekspektasi dan harapan Anda tentang sosok, gaya kepemimpinan, dan prestasi Joko Widodo - Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2019, saat memimpin Indonesia periode 2019-2024. Misalnya, Anda berharap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memajukan usaha BUMN menjadi go internasional agar keuntungan dari usaha BUMN bisa membangun Indonesia.

2. Pembangunan Infrastruktur dan Manfaatnya Bagi Masyarakat

Tulis tentang manfaat pembangunan infrastruktur, beserta pendalaman materi membahas pembiayaan, optimalisasi, dan dampak jangka pendek maupun jangka panjang bagi kehidupan masyarakat. Lebih spesifik bisa menulis tentang infrastruktur jalan tol Trans Jawa, tol Trans Sumatra, pembangunan bendungan dan sarana pengairan/irigasi, jaringan dan pembangkit listrik, telekomunikasi dan satelit, bandara, pelabuhan, dsb.

3. BUMN untuk Membangun Negeri

Tulis artikel mengenai cara agar BUMN untung, upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, gerakan nyata antikorupsi, upaya penegakan supremasi hukum, pemeliharaan ketertiban dan keamanan di masyarakat, dsb.

4. Sumber Daya Manusia untuk Indonesia Maju

Tulis artikel tentang ide-ide dalam meningkatkan kualitas pendidikan seperti pemerataan pendidikan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, sistem pengajaran, kondisi dan mutu sekolah, perguruan tinggi, perbaikan mentalitas dan perilaku manusia Indonesia, dsb.

5. Perbaikan Pelayanan Kesehatan untuk Masyarakat

Tulis artikel tentang bagaimana kondisi pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk cara pengelolaan iuran BPJS Kesehatan, perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan, upaya memperluas akses BPJS Kesehatan demi kepentingan memudahkan pasien berobat, support untuk tenaga medis, perbaikan sistem pengobatan dsb.

6. Mempromosikan Pariwisata Indonesia

Tulis artikel tentang cara meningkatkan kunjungan wisatawan, daya saing industri dalam negeri, upaya mengurangi impor, membendung produk dari luar negeri, dukungan untuk UKM, kritisi peraturan perdagangan, ekspor-impor, dsb.

7. Memanfaatkan Ekonomi Digital

Tulis artikel tentang ekonomi berbasis pemanfaatan teknologi dan internet, digitalisasi di berbagai sektor yang menyebabkan perkembangan teknologi informasi menjadi pesat, pemerataan jaringan, akses keterbukaan informasi untuk masyarakat, perdagangan elektronik, tren bisnis digital, pencapaian unicorn Indonesia, dsb.

8. Pengelolaan Energi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)

Tulis artikel tentang sumber energi terbarukan, pengadaan energi, distribusi energi, upaya nyata menghemat energi, mencari energi baru dan terbarukan, kampanye hemat BBM, isu seputar subsidi energi, tata kelola energi, dsb. Bisa juga ide tentang pengelolaan Freeport setelah divestasi saham mayoritas kini menjadi milik Indonesia.

9. Inovasi Produksi Pertanian dan Pangan Tulisan mengenai ketahanan pangan, produksi dan pengolahan pangan, pertanian, kebijakan mengenai beras, gula dan lainnya.

Tahapan lomba :
  1. PERIODE REGISTRASI DAN PENGIRIMAN ARTIKEL 1 AGUSTUS - 15 OKTOBER 2019.
  2. Peserta wajib mendaftar dan melengkapi profil pribadi pada BisnisID.
  3. Peserta wajib melampirkan copy identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar, surat persetujuan orang tua bagi yang berusia di bawah 17 tahun) dan foto diri dalam format JPG/JPEG (*jpg) dengan ukuran maksimal 180x240 pixel (portrait) & kapasitas maksimal 70kb.
  4. Registrasi cukup dilakukan satu kali saja.
  5. Artikel yang ditulis dan dikirim diperbolehkan lebih dari satu artikel per peserta dengan isi tulisan yang berbeda. User ID bisa dipakai lebih dari satu kali submitt artikel.
  6. Artikel dikirim dengan format doc (*doc/*docx) ukuran maksimal 20kb. Kirim artikel melalui menu “Kirim Artikel” atau email berupa cc (lampiran) ke writingcontest@bisnis.com.
  7. Semua artikel yang ditterima akan dilakukan seleksi oleh panitia dan hanya yang memenuhi syarat dan ketentuan yang akan dipublikasikan.
  8. PERIODE PENAYANGAN ARTIKEL 16 OKTOBER - 15 NOVEMBER 2019
  9. Artikel yang lolos seleksi berdasarkan ketentuan Dewan Juri akan dipublikasikan di kanal khusus Writing Contest Bisnis.com mulai 16 Oktober - 15 November 2019.
  10. Setiap halaman/judul artikel dapat di-vote oleh pembaca selama periode tayang.
  11. Peserta yang artikelnya dimuat dapat memperbanyak “share” artikel, agar memperoleh “hit” & “vote” sebanyak mungkin.

Syarat dan Ketentuan lomba Writing-Contest Bisnis.com 2019


  1. Lomba terbuka untuk masyarakat umum, dengan usia minimal peserta 17 tahun.
  2. Lomba ini tidak bisa diikuti oleh karyawan Bisnis Indonesia Group dan keluarga.
  3. Registrasi GRATIS dilakukan secara online. Dengan mendaftar dan mengirim karya artikel ke panitia lomba Writing-Contest Bisnis.com 2019, peserta menyatakan setuju dengan semua syarat dan ketentuan lomba menulis Writing-Contest Bisnis.com 2019, baik yang telah ditentukan saat ini maupun jika ada perubahan dari panitia.
  4. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu artikel dengan tulisan berbeda dan panjang setiap artikel minimal 4.000 – 10.000 karakter (bukan kata, tapi karakter/huruf, dan sudah termasuk spasi).
  5. Artikel harus asli orisinil hasil karangan sendiri.
  6. Artikel diketik dalam format tulisan populer (bukan makalah, laporan akademis, jurnal, skripsi, tesis, dan sejenisnya).
  7. Isi artikel tidak boleh mengandung unsur pelecehan atau penghinaan terhadap individu maupun organisasi dan tidak mengandung konten yang bernada sentimen terhadap SARA.
  8. Artikel yang dikirimkan akan menjadi milik Bisnis Indonesia Group dengan termasuk dan tidak terbatas pada hak untuk mempublikasikan artikel tanpa harus meminta izin lagi kepada peserta. Hak cipta karya artikel tetap ada pada peserta sebagai penulis.
  9. Pemenang lomba memperbolehkan Bisnis Indonesia Group untuk mempublikasikan artikel pemenang untuk keperluan Bisnis Indonesia Group seperti promosi, blog, dll.
  10. Keputusan penyelenggara mutlak tidak bisa diganggu gugat dan penyelenggara dibebaskan dari segala tuntutan pihak ketiga terkait dengan artikel yang diikutsertakan oleh peserta.

Penentuan Pemenang Lomba Writing-Contest Bisnis.com 2019


  1. Panitia penyelenggara akan memilih 50 artikel peserta, berdasarkan peringkat “hit” dan “vote” artikel yang dipublikasikan pada periode 16 - 22 November 2019, untuk dinilai oleh Dewan Juri.
  2. 50 finalis artikel akan diumumkan pada 22 November 2019 di Instagram maupun website https://writing-contest.bisnis.com.
  3. Dewan Juri dari Bisnis Indonesia akan memilih pemenang berdasarkan pertimbangan “hit” dan “vote” artikel yang dikombinasikan dengan penilaian kualitas artikel ke-50 finalis yang terpilih.
  4. Pengumuman pemenang diumumkan pada 28 November 2019.