Thursday, December 14, 2017

Cara Membuat Tombol Back di HP Kembali ke Homepage Saat di Tekan Seperti Facebook



Punya facebook tidak? Pasti punya, minimal pernah punya, hehe. Ketika menekan tombol back di hp saat berada di aplikasi Facebook, tidak lantas keluar dari aplikasi facebook bukan? Yang ada malah kembali keatas atau homepage. Apakah bisa diterapkan di blog?


Bisa. Jadi, begitu visitor blog menekan tombol back di keyboard browser smartphonenya, bukan keluar/kembali ke google search/halaman sebelumnya, melainkan diarahkan ke homepage blog atau artikel yang ingin anda unggulkan.

Bagaimana caranya? Harus menyisipkan kode khusus dibawah <head> atau diatas </head>. Seperti apa kode spesialnya? Copy kode berikut :

<script language='Javascript'>
(function(window, location) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname+&quot;#!/history&quot;);
history.pushState(null, document.title, location.pathname);
window.addEventListener(&quot;popstate&quot;, function() {
if(location.hash === &quot;#!/history&quot;) {
history.replaceState(null, document.title, location.pathname);
setTimeout(function(){
location.replace(&quot;https://www.blogkamu.com/&quot;);
},0);
}
}, false);
}(window, location));
</script>

Ganti https://www.blogkamu.com/ dengan nama blog kamu, misalnya https://www.viralterbaru.com jadi (&quot;https://www.viralterbaru.com&quot;).

Keuntungan menggunakan cara ini tentu saja bisa meningkatkan page view blog anda. Tapi, resikonya tidak disukai oleh visitor. Soal berpengaruh atau tidak jika blog anda ada adsennya, tentu saja berpengaruh positif untuk page view.

Tapi, soal menyalahi TOS adsense atau tidak, untuk sekarang sampai artikel ini dibuat, tidak berdampak banned/dismonetize. Selalu perbaharui pengetahuan TOS adsense agar setiap kebijakan adsense tidak ada yang dilanggar oleh blog kita.

Jika ingin membuat visitor beralih ke artikel yang anda inginkan, maka url yang disimpan pada kode diatas adalah url postingan, bukan url homepage blog. Bagaimana, berhasil? Jika ada kendala, tanyakan saja di kolom komentar ya.

Lalu bagaimana agar visitor bisa keluar dari tombol back di browser yang terus menerus kembali ke link yang kita arahkan? Klik 2x tombol back, sama seperti di facebook.

Menurut kalian nih para blogger, bermanfaat apa tidak sih cara seperti ini untuk masa depan blog kita? Bagikan testimoninya di kolom komentar ya.