Thursday, August 17, 2017

Mengatasi Artikel Blog Tidak Terindeks di Google Search Padahal Sudah Submit di Webmaster Search Console

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
Mau kegiatan komunitas, organisasi, atau berita di daerah Anda muncul di hasil pencarian Google? Kirim artikel ke www.a-arief.com - GRATIS!

Panduan - Kirim Tulisan

Tambahkan aplikasi www.a-arief.com di smartphone tanpa install :

  • Buka www.a-arief.com dengan browser Chrome di smartphone Anda.
  • Klik ikon 3 titik di browser
  • Klik bookmark atau CTRL+D (Google chrome di PC).
  • Kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama" (Google chrome di mobile : hp/smartphone).
  • Selanjutnya klik aplikasi www.a-arief.com dari layar utama smartphone Anda.





Kesalahan awal blogger pemula adalah ingin cepat dapat hasil dari ngeblog tanpa membangun blog dari awal. Alhasil, jangankan penghasilan, artikel yang terindeks di Google search engine saja tidak ada. Padahal, tulisan sudah dibuat dengan susah payah dan lulus dari plagiarisme.


Banyak yang bertanya kenapa artikel saya tidak ada di Google? Ngeblog itu ada seninya, harus setting sana sini agar bisa kompetitif di Google search engine. Istilah kerennya, SEO on page gitu bro.

Tulisan orisinal dan detail (biasanya artikel lebih dari 3.000 kata) bukan jaminan bisa langsung terindeks di mesin pencari jika tidak menerapkan kustomisasi pada blog. Tujuan dari blog dan artikel terindeks di mesin pencari tentu saja agar banyak pembacanya.

Agar blog banyak visitor, kita harus berkenalan dengan banyak mesin pencari seperti Google, bing, yahoo, dll. Tidak cukup sampai disitu, harus mau juga menggali lebih dalam isi webmaster search consolenya.

Awal-awal juga saya pernah mengalami hal demikian. Saya cari-cari, ternyata kendalanya di setting robot txt yang belum di sett alias masih kosong dan akibatnya robot Google tidak bisa mengidentifikasi blog kita.

Coba cek robot txt blog kalian, sudah ada robot txt yang SEO friendly belum?

Seperti apa robot txt yang SEO friendly? Langsung copy saja kode berikut bro.

User-agent: *Allow: / Disallow: /search Sitemap: https://www.blogkamu.com/sitemap.xml

Seperti biasa, ganti www.blogkamu.com dengan nama blog kita, misalnya www.viralterbaru.com dan jangan lupa blog kita harus sudah terdaftar di webmaster + sudah terdapat beberapa artikel + sudah input sitemap.xml di peta situs webmaster.

Kode diatas simpan di custom robot txt untuk blogger. Caranya masuk ke dashboard blogger anda - Search preferences - Crawlers and indexing - Custom robots.txt - Edit.



Setelah itu, setting selanjutnya perhatikan dan ikuti cara dari gambar berikut :



Jika sudah menerapkan cara ini, submit ulang url blog dan artikel kita di webmaster, baik itu Google, Bing maupun Yahoo. Jika ada kendala, tanyakan di kolom komentar saja ya.